Koba  (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong peningkatan perekonomian masyarakat pedesaan dengan mengoptimalkan penggunaan anggaran yang efektif dan efesien.

"Kami memiliki komitmen yang kuat untuk membangun desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan dengan menjalankan program bersama membangun ekonomi kerakyatan," kata?Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh dalam jumpa pers di Koba, Rabu.

Dalam menjalankan program bersama membangun ekonomi kerakyatan, kata dia, pihaknya sudah mengeluarkan Peraturan Bupati Bangka Tengah Nomor 53 Tahun 2017 tentang Bersama Membangun Ekonomi Kerakyatan.

"Dalam menjalan program tersebut kami lebih menitikberatkan pada beberapa bidang yaitu bidang pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan dan kelautan, dan bidang penanaman modal," jelasnya.

Ia mengatakan, pemerintah baik melalui APBN maupun APBD sudah menggelontorkan anggaran cukup besar untuk membangun desa di berbagai bidang terutama peningkatan perekonomian masyarakat untuk kesejahteraan.

 "Kami?mendorong pemerintah desa mengoptimalkan pemanfaatan dana desa untuk pengembangan potensi ekonomi lokal, kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan pembangunan infrastruktur desa," katanya.

Menurut dia pembangunan desa adalah pembangunan partisipatif, inovatif dan kreatif sehingga diharapkan peran aktif masyarakat dan kerja keras perangkat desa.

"Pemerintah desa diharapkan terus beronovasi dalam membangun, jeli melihat potensi sumber daya alam dan arah pembangunan disesuaikan dengan potensi yang ada serta kultur masyarakat yang tinggal di pedesaan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017