Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan penghijauan disepanjang jalan protokol di Kota Pangkalpinang, guna memperindah dan keasrian ibukota provinsi itu.

"Kita menanami tiga jenis pohon di jalur taman jalan sepanjang 15 kilometer," kata Sekretaris Daerah Kepulauan Babel, Yan Megawandi di Pangkalpinang, Selasa..

Ia menjelaskan, penanaman pohon dilakukan di jalur Soll Marina menuju bandara Depati Amir serta di jalur Perumahan Citraland menuju Jalan Alexsander, jalan menuju Padang Baru, dilanjutkan dengan beberapa lokasi jalur jalan yang diperkirakan total panjangnya mencapai 15 kilometer.

"Kita perkirakan panjang taman jalan yang akan ditanami pohon mencapai 15 kilometer dan kedepannya kita membutuhkan luasan 200 hektar daerah untuk ditanami tanaman peneduh," ujarnya.

Untuk melakukan penghijauan ini, kata dia Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta sinergitas pihak swasta maupun BUMN mengalokasikan dana CSR untuk pembelian bibit pohon tersebut.

"Kita minta sinergitas pihak swasta maupun BUMN untuk mensuport ini karena Pemprov Babel hanya bisa mendanai pemeliharaan dan perawatan saja," ujarnya.

Menurut Yan, perkiraan tanaman yang akan ditanam disepanjang jalan protokol tersebut jumlahnya bisa mencapai 1.500 pohon. Jika berdasarkan anggaran, maka dana yang dibutuhkan sebesar 500 juta rupiah.

"Sebelum melakukan penanaman, kita akan mengecek kondisi tanah dulu. Dan pohon-pohon yang telah dipilih, ada Palem Putri, Palem Ekor Tupai dan Mahoni. Kita juga bisa menambah beberapa pohon lokal," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017