Pangkalpinang (Antara Babel) -  Jurusan Ilmu Politik FISIP Universitas Bangka Belitung (UBB) mengunjungi DPRD Provinsi Kepulauan Babel untuk memperkaya khasanah keilmuan.

Keterangan tertulis yang diterima di Pangkalpinang, Jumat (15/12), menyebutkan, dalam lawatannya pada Rabu (12/12) itu jurusan yang masih tergolong baru ini langsung diterima Ketua DPRD Prov Kepulauan Babel, Didit Srigusjaya.

Didit sendiri mengaku sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Jurusan Ilmu Politik FISIP UBB dalam memperkaya khasanah keilmuan, apalagi ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan akan semakin mumpuni jika diaplikasikan langsung di lapangan.

"Khususnya Jurusan Ilmu Politik, sejatinya inilah tempat adik-adik mahasiswa semua," katanya.
 
Dalam kuliah lapangan ini mahasiswa Jurusan Ilmu Politik langsung dibimbing Ketua Jurusan yang sekaligus bertindak sebagai salah satu dosen pengampu pada mata kuliah Sosiologi Politik, Novendra Hidayat, SIP, MSi.

Novendra menyampaikan tujuan pelaksanaan kuliah lapangan ini disamping memperkaya khasanah keilmuan juga secara khusus melihat bagaimana realita di lapangan terkait proses sosialisasi, partisipasi, dan komunikasi politik yang dibangun oleh lembaga politik dalam hal ini DPRD Provinsi Keupualan Babel yang merupakan representasi masyarakat Bangka Belitung.

"Hari ini kita sama-sama melihat dan menyaksikan politik kian dinamis. Masyarakat rindu kehadiran pemimpin politik yang dekat dan mampu selalu hadir di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Novendra mengatakan, berbagai media sosialisasi sekarang terus berkembang seiring perkembangan zaman yang bergerak maju menembus ruang dan waktu.

"Kehadiran medsos kian menjamur. Ini menjadi kesempatan sekaligus tantangan tersendiri bagi para wakil rakyat untuk bisa mendekatkan atau malah sebaliknya," katanya.

Menurut dia, penting bagi segenap elemen bangsa untuk terus bersinergi dalam rangka membangun politik dan demokrasi yang berperadaban di berbagai belahan dunia.

"Apalagi dengan keberadaan Jurusan Ilmu Politik FISIP UBB ini, harapannya dapat berkontribusi terhadap pembangunan demokrasi di Negeri Serumpun Sebalai pada khususnya dan Indonesia pada umumnya," kata dia.
 
Dini Aulia, salah seorang mahasiswa menyoroti tugas pokok dan fungsi yang mesti dijalankan seorang legislator.

"Harapannya fungsi legislasi, kontrol, dan penganggaran dapat dijalankan secara efektif dan efisien," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017