Koba  (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun pelabuhan tambatan perahu khusus untuk nelayan di Dusun Lubuk Laut, Kecamatan Lubuk Besar.

"Kami akan bangun pelabuhan tambatan perahu nelayan agar para nelayan lebih mudah merapat dan menurunkan hasil tangkapan mereka di pelabuhan tersebut," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, selama ini perahu nelayan kesulitan merapat ke bibir pantai karena tidak adanya fasilitas tambatan perahu yang khusus disediakan untuk para nelayan di dusun tersebut.

"Tambatan perahu ini penting karena bagian dari fasilitas nelayan untuk memudahkan akses naik dan turun melaut sehingga perahu mereka lebih aman dan tertambat di satu lokasi saja," katanya.

Selain itu, dengan adanya pelabuhan tambatan perahu tersebut maka perahu berukuran besar akan lebih mudah merapat ke bibir pantai karena sudah ada alur dan jalur masuk kapal.

"Selama ini perahu nelayan di Dusun Lubuk Laut masih berukuran kecil untuk mengimbangi kondisi alur merapat ke darat yang belum memadai, kalau sudah ada tambatan tentu nelayan sudah bisa menggunakan perahu berukuran lebih besar," katanya.

Ibnu mengatakan nelayan di dusun tersebut juga membutuhkan alat tangkap yang memadai, untuk itu ke depan pemerintah daerah akan menyalurkan bantuan alat tangkap guna meningkatkan produksi ikan mereka.

"Nanti pemerintah daerah juga berupaya memberikan bantuan alat tangkap ikan yang memang dibutuhkan para nelayan di daerah ini," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017