Pangkalpinang  (Antaranews Babel) - Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung akan menggelar Operasi Lilin Menumbing 2017 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru.

"Operasi Lilin Menumbing 2017 ini akan digelar selama 10 hari mulai 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018. Operasi ini dilaksanakan guna mewujudkan situasi kamtibmas dan kemseltibcarlantas yang kondusif," kata Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol Syaiful Zachri di Pangkalpinang, Kamis.

Gelar Operasi Lilin Menumbing 2017 yang dilaksanakan pada hari itu untuk mengetahui kesiapan tugas operasi, baik dari aspek personel, materiil, sarana komunikasi dan sarana mobilitas lainnya termasuk melibatkan komponen masyarakat sehingga terdapat sinergitas antar aparat keamanan dan segenap potensi masyarakat.

"Melalui apel pasukan ini juga kami melakukan pengecekan kesiapan akhir pelaksanaan operasi, baik pada aspek personel, sarana prasarana, anggaran, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra Kamtibmas lainnya dalam pengamanan perayaan natal 2017 dan tahun baru 2018," jelasnya.

Operasi Lilin Menumbing 2017 akan melibatkan Shabara, Polisi Militer, Dinas Perhubungan Provinsi Babel, Direktorat Lalu Lintas, Brimob, Polair, TNI, Basarnas, Pol PP dan mitra Polri terkait.

Sasaran Operasi Lilin Menumbing 2017 ada empat yaitu tempat, orang, barang dan kegiatan. Untuk sasaran tempat yakni seperti gereja, pusat perbelanjaan, perbankan, pegadaian, money changer, ATM, permukiman, tempat wisata, terminal bus, bandara, pelabuhan, SPBU, kantor Pemerintahan dan swasta.

"Sedangkan untuk sasaran orang yakni berupa masyarakat yang melaksanakan kegiatan Natal dan tahun baru, berbelanja, berekreasi dan mudik," katanya.

Sementara untuk sasaran barang yakni berupa miras, narkoba, sajam, senpi, handak, petasan, makanan dan minuman kadaluwarsa, kendaraan transporasi umum dan benda berbahaya lainnya.

"Sedangkan untuk sasaran kegiatan berupa ibadah perayaan Natal dan Tahun Baru, Rekreasi dan arus mudik dan balik serta tahun baru," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017