Sungailiat  (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung segera memperbaiki Pasar Inpres di daerah itu agar lebih baik dibandingkan dengan kondisi sekarang sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Kondisi fisik Pasar Inpres saat ini cukup sederhana dan hanya mampu menampung beberapa jumlah pedagang saja, para pedagang menjual dagangannya di atas meja yang sebagian dibuat dari kayu," kata Bupati Bangka Tarmizi Saat di Sungailiat, Jumat.

Pasar Inpres yang berada strategis tepat di pinggir jalan, kata dia, akan dirancang sedemikian rupa agar tidak mudah tergenang air, terutama saat musim hujan.

"Nantinya kita bangun desain bangunan pasar yang didukung dengan infrastruktur lainnya sehingga tidak mudah tergenang air pada saat musim penghujan," kata dia.

Bupati Tarmizi mengatakan dalam perencanaan pembangunan atau perbaikan Pasar Inpres itu menelan dana kurang lebih tiga miliar rupiah yang bersumber dari anggaran yang disahkan.

"Kita merencanakan dalam pembangunan Pasar Inpres nantinya mengemas konsep ramah lingkungan sehingga tidak hanya sebagai pusat ekonomi masyarakat namun juga dibangun sarana sanitasi dan taman kota," kata dia.

Dia optimistis dengan tersedianya pasar sebagai sarana transaksi jual beli yang memadai dapat membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah setempat.

"Saya berharap dukungan semua pihak agar pelaksanaan pembangunan Pasar Inpres segera dapat dilakukan sesuai jadwal kegiatan," kata dia.

Bupati Tarmizi mengimbau kepada seluruh pedagang dan pengunjung pasar agar memperhatikan kebersihan lingkungannya dengan cara membuang sampah pada tempat yang disediakan.

"Kebersihan lingkungan pasar harus benar-benar diperhatikan karena perlu diketahui kebersihan, ketertiban lingkungan pasar akan memengaruhi daya minat masyarakat untuk berkunjung di pasar itu," ujar dia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018