Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan potensi gelombang mencapai 3,0 sampai 6,0 meter berpeluang terjadi di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Kamis (11/1).

"Gelombang maksimum setinggi itu dapat membahayakan keselamatan, karenanya pengguna jasa angkutan laut dan para nelayan tradisional diimbau agar waspada," ujar prakirawan Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Anggun Rahmania, Rabu.

Ia menyebutkan potensi gelombang maksimum dengan ketinggian 3,0 sampai 6,0 meter dapat terjadi hampir di seluruh perairan Bangka Belitung.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyebrangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,5 sampai 1,5 meter , di Selat Gelasa 0,75 sampai 2,0 meter, di Selatan Bangka 0,75 sampai 2,5 meter, dan di selat Karimata antara 1,0 sampai 2,0 meter, sedangkan di Utara Bangka dapat mencapai antara 0,75 sampai 3,0 meter.

Dengan ketinggian gelombang maksimum yang dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka ketinggian gelombang di Seluruh perairan Bangka dapat mencapai 3,0 sampai 6,0 meter.

Di sisi lain BMKG juga mengimbau agar mewaspdai adanya angin kencang dan awan petir (awan Cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di kawasan perairan diprakirakan berkisar antara 11 sampai 60 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Barat ke Utara.

Pada kesempatan itu BMKG juga memprakirakan ketinggian pasang air laut di sebagian pesisir pantai di Kepulauan Bangka Belitung rata-rata di bawah dua meter dan relatif aman.

Ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka sekitar 1,63 meter, di Membalong Kabupaten Belitung 1,96 meter, dan di Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,63 meter.

Kemudian di pesisir pantai Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,67 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 0,91 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 0,85 meter, dan di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 0,43 meter.

"Namun kami tetap mengimbau warga ataupun wisatawan agar mewaspadai pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Anggun Rahmania.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Kamis diprakirakan cerah berawan, berawan dan berawan tebal dengan peluang terjadi hujan lokal serta hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah terutama pada siang sampai sore hari.

Hujan lokal berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Kepulauan Bangka Belitung terutama pada pagi dan siang hari.

Sedangkan hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka, Kota Pangkalpinang dan Bangka Tengah terutama pada siang sampai sore hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 31 derajat Celsius dan kelembaban udara 65 hingga 95 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018