Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M Yusuf mengatakan pihaknya telah menerima berkas pendaftaran empat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota untuk Pilkada 2018.

"Hingga hari terakhir pendaftaran ini sudah ada empat pasang calon yang kami terima berkas pendaftarannya yakni Maulan Aklil-Muhammad Sopian, Saparudin-Edison Taher, Endang Kusumawaty-Ismiryadi dan Rinaldi Abdullah-Sarjulianto," katanya di Pangkalpinang, Rabu.

Dari empat pasang calon tersebut, Rinaldi Abdullah-Sarjulianto merupakan satu-satunya yang mendaftar melalui jalur perseorangan.

Masing-masing calon yang mendaftar melalui parpol berkas persyaratan utamanya sudah lengkap, tinggal melengkapi beberapa syarat tambahan. Terkait dengan syarat calon ini, ada tahapan penelitian berkas dan tahapan perbaikan berkas.

"Salah satu syarat penting yang harus dilengkapi yakni surat pemeriksaan kesehatan rohani dan jasmani yang akan dilaksanakan pada 12 dan 13 Januari 2018," katanya.

Sementara untuk pasangan calon yang melalui jalur perseorangan harus menyerahkan surat keterangan dukungan paling lambat 20 Januari 2018 minimal 9.600 fotokopi KTP.

Dikatakannya, untuk syarat pencalonan ketiga pasangan yang melalui jalur parpol sudah terpenuhi, namun akan ada tahapan penelitian berkas yang hasilnya akan diumumkan kepada masing-masing calon untuk diperbaiki jika ada yang salah atau kurang.

"Jika ada berkas yang salah maka akan ada masa perbaikan yang selanjutnya penetapan apakah empat pasang ini bisa ditetapkan sebagai pasangan calon atau tidak pada Februari nanti," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018