Koba (Antaranews Babel) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun ini akan menyalurkan bantuan sebanyak enam unit kapal kepada nelayan di daerah itu, untuk meningkatkan hasil tangkapan.

"Tahun ini kami akan menyalurkan bantuan enam unit kapa kepada nelayan lengkap dengan alat tangkapnya berupa jaring," kata Kepala Dinas Kelautan Perikanan Bangka Tengah, Dedy Muchdiyat di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, bantuan tersebut disalurkan kepada nelayan yang tergabung dalam kelompok dan disesuaikan dengan kebutuhan nelayan karena selama ini terkendala kapal untuk melaut lebih jauh ke tengah.

"Justeru itu pada 2018 kami bantu enam unit kapal lengkap dengan jaring dan 10 unit GPS dengan harapan para nelayan mampu meningkatkan hasil tangkapan ikan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga," katanya.

Selain bantuan kapal, pihaknya tahun ini juga akan menyalurkan bantuan 20 unit motor tempel, 15 paket mesin dan sertifikat hak atas tanah nelayan sebanyak 100 persil bidang tanah.

"Sementara bantuan untuk perikanan budi daya yaitu penyaluran bibit ikan patin sebanyak dua paket, empat paket lele bioflok, dua paket bibit nila, dua paket udang galah dan dua paket mina padi," jelasnya.

Sedangkan bantuan untuk budi daya air payau yaitu percontohan ikan bandeng sebanyak dua paket dan untuk budi daya laut yaitu satu paket kerang dan satu paket pembenihan udang galah di UPR.

"Bantuan itu akan disalurkan tahun ini dan itu sesuai dengan permintaan dan kebutuhan para nelayan dan para pembudi daya di daerah ini," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018