Koba (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan predikat B.

"Bangka Tengah meraih penghargaan SAKIP dengan nilai 67. Nilai ini sedikit lebih baik dibanding tahun lalu dan penghargaan saya terima di Batam bersama daerah lain," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, ketentuan pelaksaanaan akuntabilitas kinerja yaitu perencanaaan kinerja menjadi pengendalian dan monitoring dilakukan secara periodik.

"Predikat ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja untuk lebih baik lagi, terus dipertahankan dan ditingkatkan di tahun mendatang," ujarnya.

Ia mengatakan, penilaian dan predikat B tersebut merupakan hasil dari penilaian akuntabilitas kinerja pemerintah kabupaten dan juga hasil dari kinerja organisasi perangkat daerah (OPD).

"Tentu saya meminta kepada seluruh OPD bahwa hasil yang diraih ini selaras dengan apa yang dirasakan masyarakat. Kendati secara administrasi sudah baik namun tidak kalah penting adalah pelayanan yang baik pula kepada masyarakat," katanya.

Ibnu meminta seluruh kepala OPD menjadikan penghargaan yang diterima tersebut sebagai bahan untuk evaluasi sehingga tidak terlena dan terus meningkatkan kinerja untuk negara dan masyarakat daerah itu.

"Saya akan mengajak Inspektorat secara periodik melakukan evaluasi terhadap laporan akuntabilitas di seluruh OPD, jika SAKIP mendapatkan nilai BB dan WTP dapat diraih maka pemkab akan mendapatkan reward berupa DID dan dana intensif daerah," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018