Koba  (Antaranews Babel) - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh mengatakan membangun kesehatan masyarakat harus melibatkan banyak komponen.

"Tidak bisa sepenuhnya diserahkan kepada tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas karena tenaganya terbatas, maka harus merangkul banyak komponen," ujarnya dalam acara diklat manajemen puskesmas di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, tenaga kesehatan di pusat kesehatan harus mampu menjadi ujung tombak dengan mengajak dan merangkul masyarakat untuk menjalankan program kesehatan.

"Mereka yang mengajak masyarakat untuk berlaku hidup sehat, tenaga kesehatan masih terbatas maka dibutuhkan dukungan berbagai komponen," katanya.

Ibnu Saleh meminta diberdayakannya penyuluh kesehatan untuk mengajak dan mengubah perilaku masyarakat untuk berlaku hidup sehat.

"Tidak hanya mengharapkan kegiatan promosi kesehatan saja tetapi harus semua komponen, bentuk kader kesehatan baru karena melalui kader itu nanti untuk mempercepat pelayanan kesehatan di masyarakat," katanya.

Ia meminta tenaga kesehatan di pusat kesehatan masyarakat bergerak cepat dan tepat melayani masyarakat dan apa yang terjadi di lapangan segera dilaporkan ke pimpinan.

"Apa yang terjadi di lapangan cepat laporkan ke pimpinan, jangan sampai asumsi negatif di masyarakat karena kita perlu sama-sama membangun kesehatan di daerah ini," kata Ibnu Saleh.


Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018