Koba (Antaranews Babel) - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh mengatakan sumber daya manusia (SDM) kesehatan di sejumlah pusat kesehatan masyarakat sejauh ini baru sebatas memenuhi standar minimal.

"Secara kebutuhan minimal sudah terpenuhi, tetapi ke depan memerlukan peningkatan pelayanan yang lebih baik lagi dan tentu membutuhkan sumber daya manusia lebih banyak," katanya di Koba, Senin.

Namun demikian SDM kesehatan yang ada sekarang di Puskesmas cukup mampu melayani dengan baik, namun ke depan perlu peningkatan dan tentu harus berbanding lurus dengan jumlah SDM-nya.

"Pendistribusian tenaga kesehatan ke sejumlah pusat kesehatan masyarakat saat ini sudah seimbang, hanya saja ke depan perlu peningkatan pelayanan," katanya.

Ibnu meminta petugas kesehatan di puskesmas memberikan pelayanan yang baik dan penuh kesabaran karena menghadapi masyarakat dari berbagai karakter.

"Kami ingin puskesmas menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan, maka peningkatan pelayanan mutlak dilakukan dan kami tentu selalu berbenah ke arah yang lebih baik lagi," katanya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, dr Bahrun R Siregar mengatakan ke depan puskesmas diupayakan memberikan pelayanan 24 jam karena sudah terakreditasi.

"Saat ini sudah enam dari delapan puskesmas di daerah ini terakreditasi, tinggal dua lainnya yang sedang dalam proses tahun ini," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018