Koba (Antaranews Babel) - Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menggelar uji coba atau "try out" secara "online" (dalam jaringan/daring) bagi siswa SMP yang akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Diskominfo untuk menyiapkan server jaringan yang langsung terhubung ke seluruh sekolah yang melaksanakan UNBK," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Iskandar, di Koba, Selasa.

Uji coba daring tersebut dilakukan untuk membiasakan siswa menggunakan sistem aplikasi yang akan mereka operasikan saat mengikuti UNBK.

"Ini kami lakukan agar siswa terbiasa dan tidak kaku lagi saat membuka perangkat dan aplikasi online untuk menjawab soal UNBK," katanya.

Rencananya uji coba akan dilaksanakan sebanyak tiga kali sehingga peserta UNBK 2018 benar-benar siap secara kemampuan teknologi dan kemampuan otak dalam menjawab soal.

"Kalau siswa tidak dilatih `try out online` kami khawatir nanti mereka tidak siap karena selama ini mereka hanya melaksanakan try out kertas saja," katanya.

Uji coba menjawab soal daring nanti diberlakukan untuk semua sekolah yang menyelenggarakan UNBK dan jika bermasalah dengan jaringan bisa dengan sistem "offline".

"Nanti server sementara di Diskominfo dan kami sudah menyediakan anggaran untuk membuat jaringan, server dan juga aplikasi khusus untuk UNBK tersebut," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018