Sungailiat, 22/2 (Antara) - Plt Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rustamsyah meminta seluruh masyarakat di daerahnya memaksimalkan pemanfaatan halaman rumah dengan menanam sayur mayur untuk memenuhi kebutuhan sayur keluarga.

 "Saya minta masyarakat terutama di pedesaan untuk memaksimalkan pemanfaatan halaman atau pekarangan rumah dengan ditanani sayuran atau tanaman buah yang bermanfaat," katanya di Sungailiat, Kamis.

Dengan memanfaatkan halaman rumah dengan menanam tanaman sayur mayur, dipastikan akan membantu pemenuhan kebutuhan sayur keluarga.

 "Saya melihat banyak pekarangan rumah warga yang dibiarkan kosong begitu saja, padahal dapat ditanamani sayur mayur maupun tanaman buah," katanya.

 Manfaat lainnya, tanaman yang ditanam di halaman rumah juga dapat menjadi pelindung serta untuk penghijauan dan tidak gersang.

 "Pemanfaatan pekarangan rumah dapat maksimalkan dengan baik kalau didukung dengan keseriusan warga karena ada sebagian masyarakat yang sudah melakukannya serta hasilnya cukup memuaskan," katanya.

Rustamsyah juga mendorong dinas terkait untuk menggerakkan program pemanfaatan halaman rumah masyarakat dengan media tanam yang disesuaikan dengan kondisi halamanan.

"Saya optimistis optimalisasi pemanfaatan halaman rumah dengan tanaman sayur mayur maupun berbagai jenis tanaman buah dapat menekan biaya rumah tangga karena kebutuhan sayur sudah dapat dicukupi sendiri," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018