Jakarta (Antaranews Babel) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan banyak mendengarkan kritik dan saran dari para pimpinan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia di Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis.

Zulkifli Hasan pada kesempatan tersebut menyampaikan materi Empat Pilar Kebangsaan di hadapan sekitar 150 mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta, antara lain, UI, ITB, IPB, IUN Jakarta, dan UGM.

Menurut Zulkifli, mahasiswa sebagai generasi muda memiliki peran besar dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Mahasiswa sebagai generasi penerus pemimpin bangsa, kata dia, harus memiliki jiwa nasionalisme untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari upaya-upaya pihak tertentu yang ingin memecah belah NKRI.

"Mahasiswa harus memiliki komitmen nasionalisme dan menguatkan sikap toleransi dalam menjaga kebhinnekaan," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Zulkifli Hasan memberikan kesempatan kepada para pimpinan BEM se-Indonesia untuk memberikan masukan, saran, dan kritik kepada MPR RI.

Presiden BEM UGM Yogyakarta, Oded Kresna mengatakan sosialisasi Pancasila sangat penting sebagai Ideologi kolektif bangsa Indonesia, dan bukan ideologi sekelompok orang.

"Pancasila jangan diklaim hanya untuk sekelompok orang, tapi ideologi untuk seluruh bangsa Indonesia, dari semua lapisan masyarakat," katanya.

Pimpinan Dewan Mahasiswa UIN Jakarta, Ahmad Nabil, mengatakan Indonesia harus memperjuangkan kemandirian pangan.

Menurut dia, Indonesia sebagai negara agraris yang wilayah geografisnya sangat luas, tapi sangat disayangkan banyak mengimpor bahan pangan.

"Padahal, banyak petani dan nelayan di Indonesia, lahan pertanian dan pantai juga sangat luas di Indonesia," katanya.

Perwakilan BEM UI, Idmand Perdina menegaskan penolakannya terhadap UU MD3 yang telah mengalami perubahan kedua sehingga menjadikan DPR RI lembaga antikritik.

"Sebagai wakil rakyat, DPR seharusnya terbuka dan mau memperbaiki diri dengan kritik," tegas Idmand.

Zulkifli Hasan pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih untuk semua masukan dan saran dari para pengurus BEM se-Indonesia.

"Saya berlapang dada terhadap kritik dari mahasiswa. Melihat kritik, analisa, dan semangat teman-teman mahasiswa, saya optimistis masa depan Indonesia bisa jauh lebih baik," katanya.

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018