Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan sebanyak 9.131 siswa SLTA/sederajat di provinsi itu siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan digelar serentak mulai 2 April 2018.

"Tahun ini seluruh SMA, MA dan SMK atau sederajat akan melaksanakan UNBK," kata Sekretaris Disdik Provinsi Kepulauan Babel, Wahyudin di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menyebutkan, sebanyak 9.131 siswa peserta UNBK tersebar di 97 sekolah negeri dan swasta di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur.

"Saat ini persiapan pelaksanaan UNBK sudah hampir 100 persen termasuk terkait penyediaan komputer, jaringan internet, serta genset untuk mengantisipasi pemadaman listrik," katanya.

Ia mengatakan ke-9.131 peserta UNBK tersebut terdiri atas siswa dari 48 sekolah negeri sebanyak 7.264 orang dan 1.867 orang dari 49 sekolah swasta.

"Kita sudah melakukan dua kali simulasi pelaksanaan UNBK yang berjalan dengan lancar," katanya.

Wahyudin berharap peserta UNBK benar-benar mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, tidak keluar malam, kebut-kebutan dan melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat.

"Kami berharap para orang tua juga mengawasi anak-anaknya saat belajar dan juga dalam pergaulan. Jangan sampai anak tidak bisa mengikuti ujian karena kelalaian orang tua mengawasi pergaulan mereka," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018