Koba (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menumbuhkan budaya membaca masyarakat melalui kegiatan lomba bercerita tingkat sekolah dasar.

"Melalui lomba bercerita diharapkan menjadi pemicu generasi muda untuk membiasakan membaca agar lahir generasi yang cerdas dan unggul," kata Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh saat membuka kegiatan tersebut di Koba, Rabu.

Ia mengharapkan kegiatan tersebut bisa mewujudkan generasi yg memiliki "intelegence question", "emotional question", dan spiritual question.

"Dengan memiliki tiga kecerdasasan ini akan mampu menjadi generasi muda yang unggul, memiliki inovasi untuk pengembangan diri di masa mendatang," ujarnya.

Kepala Dinas Kersipan dan Perpustakaan Daerah, Zaidi mengatakan kegiatan tersebut mampu membudayakan gemar membaca di kalangan anak-anak agar menghasilkan generasi penerus yang unggul dan cerdas, kuat dan bermartabat tanpa meninggalkan budaya kearifan lokal yg telah ada.

"Lomba bercerita ini diikuti sebanyak 82 peserta utusan SD/MI se-Kabupaten Bangka Tengah, dimana pemenangnya nanti akan diutus mewakili daerah mengikuti kegiatan yang sama di tingkat provinsi," ujarnya.

Zaidi mengatakan, beberapa tahun sebelumnya sudah ada anak dari Bangka Tengah yang terpilih mewakili Bangka Belitung untuk mengikuti lomba bercerita tingkat nasional.

"Prestasi tersebut akan kembali kami ukir dengan berupaya menumbuhkan minat baca masyarakat. Hanya dengan membaca wawasan akan bertambah dan anak-anak bisa bercerita," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018