Washington/Melbourne (Antaranews Babel) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Jumat mengatakan bahwa ia telah berbicara dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull dan mereka tengah menggarap sebuah kesepakatan agar Australia tidak akan termasuk dalam daftar negara yang terkena pajak baja dan alumunium AS.

"Ia berjanji akan memberikan hubungan militer dan perdagangan yang sangat adil dan saling menguntungkan," tulis Presiden Trump dalam cuitan di akun Tweeternya, merujuk pada PM Turnbull.

"Kami bekerja dengan sangat cepat dalam kesepakatan keamanan sehingga tidak perlu saling membebankan pajak baja atau alumunium pada sekutu kami, yaitu Australia," kata Presiden Trump.

Meskipun menjadi salah satu pemasok komoditas mentah bijih besi di dunia, namun Australia merupakan eksportir kecil di dunia untuk produk baja.

Data yang dikeluarkan oleh pemerintah menunjukan bahwa baja dan alumunium Australia hanya bernilai sekitar Rp4,14 triliun di tahun lalu.

Tak lama setelah cuitan Presiden Trump, PM Malcolm Turnbull menuliskan di akun Tweeternya bahwa hubungan kedua negara berjalan adil dan saling timbal balik.

"Terima kasih atas kepastian pajak baru yang tidak membebani baja dan alumunium Australia. Kerja yang bagus untuk kedua negara!" tulis PM Turnbull.

Pewarta: -

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018