Muntok (Antaranews Babel) - Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Parhan Ali, mengajak seluruh pedagang ikut berperan aktif dalam memelihara pasar agar semakin banyak pembeli datang berbelanja.

"Pasar yang sehat dan menyenangkan akan menarik untuk dikunjungi karena pembeli merasa aman dan nyaman berbelanja di pusat perdagangan tersebut," kata kata Bupati Parhan Ali di Muntok, Kamis.

Sebagai gerakan nyata untuk menghadirkan pasar tradisional yang sehat, aman dan nyaman, para pedagang diminta ikut menjaga lingkungan pasar.

Para pedagang pasar juga harus memiliki komitmen memelihara, menjaga dan merawat sarana dan prasarana yang sudah disediakan.

Hal ini dikatakan Bupati Parhan Ali saat meresmikan Pasar Kelapa yang berlokasi di Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, pasar tradisional itu merupakan hasil revitalisasi pasar lama menuju pasar modern yang dilaksanakan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat pada 2017 menggunakan dana alokasi khusus.

"Dengan adanya pasar sehat itu diharapkan mampu meningkatkan pemasaran para pedagang yang didapat dari hasil produksi para petani dan peternak di wilayah Kecamatan Kelapa," kayanya.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat, Muhammad Zakaria mengatakan revitalisasi Pasar Kelapa merupakan salah satu upaya nyata yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitarnya.

Sebanyak 48 petak meja dan 14 petak toko telah disediakan untuk pedagang yang pengelolaannya diserahkan sepenuhnya kepada asosiasi pedagang pasar setempat.

"Kami berharap bisa termanfaatkan dengan baik dan terjaga kondisinya sehingga pembeli semakin meningkat," kata Zakaria.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018