Muntok (Antara Babel) - Ratusan warga memanfaatkan pengobatan gratis dalam rangka peringatan Hari Dharma Samudera yang diprakarsai Pangkalan TNI AL Kepulauan Bangka Belitung dan dilaksanakan di Pos TNI AL Muntok, Selasa.


"Sampai berakhirnya pengobatan gratis, sebanyak 259 orang berhasil kami layani," ujar Kepala Bidang Pembinaan Masyarakat dan Promosi Kesehatan Dinkes Kabupaten Bangka Barat, dr Rudi Faizul Badri di Muntok, Selasa.


Ia menjelaskan, kegiatan pengobatan gratis itu dilaksanakan atas kerja sama Pangkalan TNI AL Babel, Pemkab Bangka Barat melalui Dinas Kesehatan dan pihak swasta dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera 2014.


"Sebagian besar pasien mengidap penyakit tidak menular, seperti hipertensi, kolesterol, dan sebagian ISPA," katanya.


Ia menjelaskan, selain pengobatan gratis yang dilayani enam orang dokter yang terdiri dari dokter Dinkes, Puskesmas Muntok, RSUD Sejiran Setason dan RS Bhakti Timah itu, panitia juga menggelar pengecekan kadar kolesterol, gula darah dan pengukuran indeks mass body.


Selain pengobatan gratis, kata dia, pada Rabu (29/1) panitia juga akan menggelar sunatan massal yang akan diikuti sebanyak 75 orang anak yang berasal dari daerah itu dan akan dilayani dokter bedah dari RSUD Sejiran Setason dan RSBT.


"Kami juga melakukan pengasapan nyamuk atau "fogging" yang dilakukan di Kampung Tanjung Laut, Kelurahan Tanjung, Muntok," katanya.


Ia mengharapkan, pelayanan kesehatan seperti itu mampu meningkatkan kesehatan masyarakat sekaligus mendekatkan diri dan memperat silaturahim antara Pemkab, TNI, swasta, dan masyarakat.

Pewarta: Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014