Jakarta (Antaranews Babel) - Indonesia membutuhkan pemimpin yang mampu merangkul dan bersinergi dengan pemuka agama sehingga bisa membantu membangun suasana teduh dan sejuk di tengah masyarakat, kata seorang ulama.

"Pemuka agama idealnya membantu membangun keteduhan dan kesejukan di tengah masyarakat," kata Pemimpin Perguruan Mathla'ul Anwar Pinang Kota Tangerang Drs KH Muhidin Ibnu Latief, MA di Jakarta, Senin.

Menurut dia, bangsa ini membutuhkan pemimpin yang dapat bersinergi dengan pemuka agama.

Pemuka agama di Indonesia menjadi kunci bagi terpeliharanya kehidupan beragama yang rukun dan damai, katanya.

"Kita siap memberi masukan sepanjang penguasa membuka diri," kata Ketua Pengurus Daerah Mathla'ul Anwar Kota Tangerang itu.

Ia menambahkan ulama dan kyai adalah pewaris para nabi untuk menyampaikan risalah agama yang berakhlaqul karimah bagi masyarakat sehingga memegang peran yang amat besar dalam kehidupan bermasyarakat.

"Ulama adalah tulang punggung terciptanya negara yang 'baldatun hoyyolibatun warobbun ghofur'," katanya.

Muhidin juga mengusulkan agar pemerintah di era Jokowi memberikan perhatiannya kepada kehidupan keagamaan dengan lebih besar.

Ia mengartakan pemerintah idealnya membangun juga sektor pendidikan untuk mengimbangi infrastruktur yang telah dibangun di seluruh pelosok negeri.

Pewarta: Hanni Sofia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018