Koba (Antaranews Babel) - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh akan mengembangkan sektor ekonomi kreatif antara lain dengan menggandeng sejumlah perguruan tinggi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang andal.

"Baru-baru ini kami melanjutkan kerja sama dengan UNY dan UGM, kami akan kirim anak-anak berprestasi di daerah ini untuk kuliah di universitas terkemuka tersebut dengan harapan nanti mampu melahirkan lulusan yang mampu mengembangkan sektor ekonomi kreatif di daerah ini," kata Ibnu Saleh di Koba, Senin.

Ia menjelaskan kerja sama bidang pendidikan dengan UNY dan UGM dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang mampu membangun daerah di berbagai bidang.

"Terutama sektor ekonomi kreatif yang saat ini sedang menjadi fokus kami untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membuka lapangan kerja baru," katanya.

Selain itu, kata dia, ada produksi terapan untuk melihat potensi yang dapat dikembangkan dan akan diteliti oleh pihak UNY untuk beberapa produk suvenir dan kuliner.

"Selain kerja sama bidang pendidikan Pemkab Bangka Tengah juga menjalin kerja sama bidang lainnya di antaranya pemanfaatan energi alternatif, solar sistem untuk penerangan jalan, temuan pemanfaatan oli bekas yang dijadikan bahan energi pembangkit listrik terutama dipakai oleh daerah atau pulau yang belum teraliri listrik," katanya.

Bupati mengharapkan kerja sama dengan UNY tersebut dilakukan secara berkesinambungan, begitu juga untuk pengembangan kerja sama teknis maka akan ditindaklanjuti dengan dinas terkait.

"Pemkab Bangka Tengah sudah menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia di antaranya Unand, UGM, ITB, UNY, Undip dan beberapa perguruan tinggi lainnya dalam rangka membangun sumber daya manusia andal daerah ini," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018