Toboali (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengoptimalkan pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Tanjung Kelisut, untuk mengembangkan destinasi wisata dan menarik kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Pembinaan ini dilakukan dari sisi kelembagaan untuk memberikan pemahaman dan pembekalan tugas serta fungsi dari Pokdarwis," kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Selatan Haris Setiawan di Toboali, Rabu.

Ia mengatakan pembinaan penting diberikan karena dapat memberikan semangat kepada pokdarwis dalam mengembangkan destinasi pariwisata yang ada di daerah itu.

"Semoga dengan adanya pembinaan ini dapat memberikan semangat yang lebih serta bisa membuka peluang usaha bagi masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, setiap Pokdarwis harus bisa menjalankan pelayanan serta melaksanakan Sapta Pesona dengan baik dan benar sehingga wisatawan dapat aman, nyaman menikmati keindahan alam Pantai Tanjung Kelisut yang tidak kalah indahnya objek wisata pantai daerah lain.

"Pokdawis harus tetap berkoordinasi dengan pemerintah dalam mengambil kebijakan atau keputusan ketika menghadapi tantangan atau persoalan," katanya.

Harris mengatakan setiap daerah yang memiliki destinasi wisata harus ada kelompok pengelola sehingga bisa menyambut kunjungan wisatawan yang berkunjung. Baik itu wisatawan lokal, nasional maupun internasional itu harus disambut dengan baik.

Menurut dia, saat ini sudah ada beberapa Pokdarwis yang dibentuk di daerah itu dan sudah dilakukan pembinaan secara terus-menerus.

"Setiap daerah yang memiliki destinasi wisata harus ada Pokdarwis namun yang paling penting itu adalah setiap destinasi wisata harus ada kunjungan dari wisatawan," katanya.

Ia berharap setiap daerah yang memiliki destinasi wisata segera berkoordinasi dengan pemerintah sehingga bisa dibina. Selain itu juga harus membentuk Pokdarwis bila ada destinasi wisata yang sudah dikunjungi oleh wisatawan sehingga bisa dilakukan pendataan mengenai kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

Pewarta: Juniardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018