Muntok  (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menguatkan jalinan komunikasi dan sinergisitas dengan pemerintah desa melalui kegiatan bina pamong yang secara rutin digelar hingga ke pelosok.

"Kegiatan bina pamong akan terus digalakkan hingga ke seluruh desa untuk menjaring aspirasi masyarakat dan pemerintah desa (pemdes) agar pembangunan yang dijalankan ke depannya sesuai dengan kebutuhan warga," kata Kepala Bagian Komunikasi Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Henry Firsanto di Muntok, Jumat.

Pada triwulan pertama 2018, bupati, wakil bupati, sekda dan jajaran pejabat organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Bangka Barat sudah melaksanakan sejumlah kunjungan ke kecamatan untuk menggelar kegiatan bina pamong.

Bina Pamong merupakan temu wicara untuk melakukan evaluasi terhadap program-program pemerintah daerah yang dilaksanakan di kecamatan dan desa, terkait pelayanan kepada masyarakat serta pelaksanaan pembangunan yang ada di daerah.

"Biasanya dilaksanakan di tingkat kecamatan, namun tahun ini akan ditingkatkan hingga tingkat desa agar bisa menjaring aspirasi warga desa dan dusun," kata dia.

Sebagai langkah awal, pada Kamis (19/4) pihaknya menggelar bina pamong di Desa Kapit, Kecamatan Parittiga yang mempertemukan bupati dengan kepala desa dan BPD, serta puluhan warga desa setempat.

Pada kesempatan itu, Bupati Bangka Barat, Parhan Ali mengajak seluruh elemen masyarakat untuk hadir dalam setiap kegiatan bina pamong agar komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat semakin lancar.

"Bina pamong kami yakini akan membawa dampak positif dan signifikan bagi kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat katena melalui komunitas yang baik, pembungunan dapat dilaksanakan dan dirasakan menyeluruh ke semua kalangan," ujarnya.

Kepala Desa Kapit, Deni Ferdian merasa bangga bisa melaksanakan kewajiban bina pamong perdana di desanya dan berharap membawa dampak positif bagi kemajuan warga.

"Masukan dan harapan masyarakat sudah tersampaikan langsung kepada kepala daerah dan jajarannya, kami harapkan di tahun depan bisa direalisasikan demi kemajuan warga dan Desa Karena," kata Deni.

(T.KR-DSD/B/T013/T013) 20-04-2018 09:38:32

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018