Sungailiat  (Antaranews Babel) - Pihak Satuan Polisi Pamong Praja, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan sebanyak 1.168 personel perlindungan masyarakat (Linmas) untuk membantu pengamanan di tempat pemungutan suara.

"Kami menyiapkan sebanyak 1.168 personel Linmas untuk membantu pengamanan pelaksanaan pemilihan kepada di 584 TPS yang tersebar di delapan kecamatan," kata Kasi Linmas, Satpol PP Kabupaten Bangka, Sudarmin di Sungailiat, Senin.

Masing-masing TPS kata dia, akan ditempatkan dua orang personel Linmas yang sebelumnya sudah mendapat pelatihan.

"Personel Linmas yang ditugaskan membantu pengamanan pilkada disetiap TPS semunya sudah dibekali dengan pelatihan atau bimbingan teknis dan memegang sertifikat," jelasnya.

Tugas pokok dan fungsi Linmas diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 10 tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

"Anggota linmas berada di bawah koordinasi Satpol PP wajib menguasai tugas dan fungsi sehingga tidak terjadi penyalahgunakan kewenangan serta dituntut berpartisipasi aktif mengamankan jalannya pelaksanaan pilkada," katanya.

Dia sarankan seluruh Linmas yang bertugas diseluruh TPS, agar meningkatkan koordinasi dengan pihak kepolisian maupun pertugas TPS.

"Personel Linmas harus peka serta meningkatkan koordinasi dengan kepetugas kepolisian untuk mencegah terjadinya gangguan dimasing-masing TPS," jelasnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018