Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Sebanyak 3.717 siswa Sekolah Dasar di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Nasional yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia.

"3.717 siswa yang mengikuti USBN hari ini tersebar di 80 SD/MI negeri dan swasta di seluruh Kota Pangkalpinang," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Eti Fahrianty, Kamis.

Ia menyebutkan, ujian serentak yang dilaksanakan mulai Kamis hingga Sabtu (5/5) ini terdiri atas tiga mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

"Para siswa ini akan mengikuti ujian tiga mata pelajaran dengan bentuk soal untuk Bahasa Indonesia sebanyak 45 pilihan ganda dan lima uraian, Matematika 35 pilihan ganda dan lima uraian dan IPA 35 pilihan ganda dan lima uraian," ujarnya.

Ia yakin untuk Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) tahun ini seluruh siswa dapat menyelesaikan ujian dengan suskes, karena setiap sekolah sudah mempersiapkan anak didiknya secara matang dengan melakukan beberapa kali uji coba untuk masing-masing mata pelajaran.

"Kami berharap seluruh siswa yang mengikuti ujian ini dapat lulus 100 persen dengan mutu A," katanya.

Untuk pelaksanaan USBN di hari pertama, pihaknya tidak menemukan kendala sama sekali dan seluruh sekolah dapat melaksanakannya dengan lancar.

"Hanya ada satu siswa yang sakit tumor tulang, namun dia tetap mau ikut ujian, sehingga ujiannya dilaksanakan di rumahnya dengan ditunggu langsung oleh panitia dari dinas dan guru," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018