Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang Eti Fahrianty mengatakan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) bisa meningkatkan minat baca anak-anak di rumah.

"Gernas Baku merupakan suatu gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga Indonesia dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di lembaga PAUD, dan masyarakat. Untuk itu kami yakin gerakan ini bisa meningkatkan minat baca anak-anak," katanya di Pangkalpinang, Sabtu.

Dinas Pendidikan setempat mendukung pelaksanaan Gernas Baku tersebut karena memang harus dilakukan gerakan membaca buku kepada anak.

"Gerakan membaca buku kepada anak ini sudah ada sejak zaman nenek moyang kita dahulu. Untuk itu, saya rasa gerakan ini tidak terlalu sulit untuk dilaksanakan," ujarnya.

Menurut dia, Gernas Baku juga dapat menumbuhkan kedekatan emosional dan sosial terhadap anak, sehingga dapat mengetahui pertumbuhan dan perkembangan baik segi kognitif, afektif, dan psikomotorik anak.

"Dengan membaca buku maka batin anak dan orang tua lebih dekat. Melalui momentum kegiatan ini, kami berharap masyarakat mendukung serta mengimplementasikan Gernas Baku ini kepada anak-anak dalam kehidupan sehari-hari," katanya.
 

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018