Koba (Antaranews Babel) - Kepolisian Resor Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memperketat pengamanan sejumlah rumah ibadah umat Islam untuk menjaga ketenanganan dan kedamaian jamaah dalam melaksanakan ibadah Ramadhan.

"Kami menugaskan sejumlah personel untuk menjaga rumah ibadah selama Ramadhan agar umat Islam merasa tenang dan damai melaksanakan ibadah Ramadhan," kata Kapolres Bangka Tengah, AKBP Edison Ludy Bard Sitanggang di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan sejumlah polisi pada Ramadhan hadir di rumah ibadah bukan untuk membuat warga mencekam tetapi membantu menciptakan rasa aman dan ini sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun.

"Ada ratusan personel kami terjunkan untuk pengamanan Ramadhan sampai Idul Fitri nanti, mereka tidak hanya ditempatkan di sejumlah masjid tetapi juga pada beberapa titik keramaian," katanya.

Ia mengatakan, pengamanan ini dilakukan untuk mencegah penyakit masyarakat yang muncul selama bulan suci Ramadhan seperti kalangan anak muda yang menenggak minuman keras dan perbuatan kriminal lainnya.

"Intinya kami dari aparat kepolisian membantu warga agar aman dan tenang selama menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh, tanpa ada kekacauan," katanya.

Ia mengatakan, Ramadhan merupakan momentum mendekatkan diri polisi dengan masyarakat melalui kegiatan keagamaan karena polisi akan selalu hadir dalam setiap kegiatan keagamaan.

"Contohnya kita ada program safari Jumat juga, subuh berjamaah dalam rangka berdialog dengan para jamaah dan para tokoh agama untuk membantu polisi dalam menjaga Kamtibmas di daerah ini," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018