Pangkalpinang  (Antaranews Babel) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiagakan lima unit kapal laut, untuk mengantisipasi lonjakan jumlah calon penumpang pada arus mudik Lebaran 2018.

"Empat unit kapal laut jenis ro-ro dan satu unit kapal cepat ini cukup untuk mengangkut penumpang," kata Kepala KSOP Pangkalbalam, Izuar usai rapat persiapan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan empat unit kapal ro-ro yang disiagakan untuk mengangkut calon penumpang rute Pelabuhan Pangkalbalam (Pulau Bangka)-Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta) berkapasitas 700 hingga 900 orang penumpang.

Sementara satu unit kapal cepat untuk mengangkut calon penumpang rute Pelabuhan Pangkalbalam (Pulau Bangka)-Pelabuhan Tanjungpandan (Pulau Belitung) dengan kapasitas 400 orang penumpang.

"Saat ini lima kapal yang disiagakan sudah siap beroperasi mengangkut calon penumpang di Pelabuhan Pangkalbalam," ujarnya.

Menurut dia, kapal disiagakan guna mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang, keamanan dan kenyamanan masyarakat yang akan pulang kampung merayakan lebaran.

"Kami bersama pihak terkait lainnya sudah membahas langkah apa saja untuk kelancaran arus mudik tahun ini," katanya.

Izuar memperkirakan lonjakan jumlah calon penumpang laut akan terjadi pada H-3. Oleh karena itu, perlu persiapan yang baik untuk mengantisipasi penumpukan calon penumpang.

"Kami akan membentuk posko mudik lebaran pada H-8 agar arus mudik tahun ini berjalan dengan aman, tertib dan nyaman," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018