Sungailiat (Antara Babel) - Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Bangka, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membagikan sebanyak 50 helm standar gratis kepada pengguna kendaraan roda dua di daerah itu.


Menurut Kapolres Bangka  AKBP I Bagus Ray Erlyanto SH SIK, di Sungailiat, Senin, pembagian 50 helm standar gratis kepada pengguna kendaraan roda dua merupakan program pelopor keselematan berlalu lintas.


"Pembagian helm gratis itu terutama untuk  pengguna kendaraan roda dua yang kondisi helm sudah tidak layak pakai termasuk tidak ada talinya," katanya.


Pembagian helm dipusatkan di perempatan lampu merah jalan Sudirman Sungailiat pada saat jam kerja.


Ia mengimbau pengguna kendaraan lainnya yang memakai helm bukan standar untuk diganti dengan helm standar guna keselamatan yang bersangkutan.

"Untuk tahap awal kami membagikan 50 helm standar bagi pengguna kendaraan dan direncanakan pembagian yang sama dilakukan secara bertahap," katanya.


Dikatakannya, secara umum angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Bangka terbilang rendah dan ini menunjukkan mulai tercipta kesadaran  berlalu lintas pengguna kendaraan di jalan raya.


"Saya berharap angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Bangka semakin menurun dengan diimbangi kedisplinan berlalu lintas oleh pengguna jalan," ujarnya.


Terjadinya kecelakaan yang dapat berdampak fatal, kata dia, akan terus dievaluasi, bahkan melalui gerakan  pelopor keselamatan berlalu lintas ini diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan.


"Menurutnya angka kecelakaan lalu lintas dan tertibnya berlalu lintas berdampak positif dengan telah diterimanya penghargaan wahana tata  nugraha," katanya.    


Keberhasilan dengan diterimanya penghargaan tersebut, kata dia, harus dipertahankan dan ditingkatkan, begitu pulanya kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan meningkatkan tertib berlalu lintas guna keselamatan bersama.

Pewarta: Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014