Muntok (Antaranews Babel) - Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggiatkan program patroli tatap muka untuk meningkatkan sinergisitas selama bulan puasa Ramadhan 1439 Hijriah.

"Patroli tatap muka langsung dengan masyarakat cukup efektif dilakukan guna mengeratkan silaturahim sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi menciptakan situasi aman dan nyaman di bulan puasa," kata Kapolres Bangka Barat melalui Kepala Bagian Operasi Kompol Pebriandi Haloho di Muntok, Minggu.

Dalam patroli dialogis tersebut personel menyapa langsung masyarakat yang berkumpul dan melakukan komunikasi dua arah terkait kondisi terkini keamanan dan ketertiban lingkungan.

Pola patroli tersebut bertujuan mencegah tindak pidana kejahatan seperti pencutian dengan pemberatan, kekerasan, pencurian kendaraan bermotor dan tindak pidana lainnya yang mungkin terjadi selama bulan suci Ramadhan.

"Pola ini kami kembangkan, baik patroli yang dilakukan personel Polres Bangka Barat maupun Polsek jajaran," kata dia.

Sasaran patroli antara lain para petugas keamanan di instansi pemerintah dan perusahaan swasta, tempat keramaian, pasar, perbankan, dan beberapa tempat yang biasa untuk berkumpul anak muda.?

Selain memberikan rasa aman, pola itu juga sebagai upaya deteksi dini kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban lingkungan.

"Kegiatan tersebut wajib dilaksanakan dan ditingkatkan selama bulan Ramadhan oleh para personel yang bertugas untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana kejahatan di wilayah hukum polres setempat," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018