Pangkalpinang  (Antaranews Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan 5.452 ekor sapi potong, guna mengantisipasi kenaikan harga tinggi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.

"Kami menjamin stok daging sapi mencukupi dan harga stabil, karena ketersediaan sapi potong sangat memadai," kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel Toni Batubara di Pangkalpinang, Kamis.

Ia menjelaskan sebanyak 5.452 ekor sapi potong tersebut tersebar di Kabupaten Bangka 1.105 ekor, Bangka Tengah 1.415 ekor, Bangka Selatan 520 ekor, Bangka Barat 615 ekor, Belitung 350 ekor, Belitung Timur 537 ekor, dan Kota Pangkalpinang 850 ekor sapi.

"Sekitar 90 persen sapi potong ini didatangkan dari luar daerah, karena populasi ternak lokal masih tahap pengembangan," katanya.

Menurut dia, saat ini ketersediaan sapi potong sudah di atas perkiraan konsumsi masyarakat hanya 3.954 ekor, sehingga dapat dipastikan harga tidak akan mengalami kenaikan tinggi yang memberatkan ekonomi masyarakat kurang mampu.

"Saat ini harga daging sapi masih relatif stabil Rp120.000 per kilogram dan diperkirakan tidak akan naik tinggi hingga H-1 Lebaran," katanya.

Untuk itu, lanjutnya, pedagang diminta tidak menaikkan harga daging tinggi, karena persediaan dan pasokan dari luar lancar.

"Tidak ada alasan bagi pedagang untuk menaikkan harga tinggi, karena ketersediaan sapi potong mencukupi," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018