Sungailiat (Antaranews Babel) - Sebanyak 154 siswa dari berbagai sekolah menengah atas jurusan ilmu pengetahuan alam se-Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengikuti ujian seleksi penerimaan bantuan beasiswa utusan daerah.

Mereka mengikuti seleksi untuk jurusan kedokteran dari Pemerintah Kabupaten Bangka untuk dikuliahkan di Universitas Jambi.

"Pemerintah Kabupaten Bangka tahun 2018 ini telah merencanakan untuk mengadakan kegiatan bantuan beasiswa utusan daerah ini untuk dokter umum dan dokter gigi," kata Bupati Bangka, Tarmizi Saat di Sungailiat, Rabu.

Ia mengatakan berdasarkan rencana kegiatan 10 orang siswa akan dibagi menjadi dua jurusan yakni dokter umum dan dokter gigi.

Menurut dia, diadakan seleksi bantuan beasiswa utusan daerah untuk dokter ini sebab sudah semakin banyaknya rumah sakit umum daerah di Kabupaten Bangka dan membutuhkan banyak dokter.

"Kita masih perlu dokter, baik itu dokter umum maupun spesialis dan sub spesialis, hal ini telah kita pikirkan dengan sedikit demi sedikit menambah dokter dimulai dari beasiswa ini," katanya.

Ia mengatakan untuk dokter sub spesialis sejauh ini baru satu dokter yang ada dan masih banyak kekurangannya dengan membantu masyarakat untuk melanjutkan kuliah di jurusan kedokteran.

Ia menambahkan masyarakat yang dibantu dengan syarat tidak berhenti ditengah pendidikan dan wajib mengabdi selama tiga tahun di Bangka.

"Adanya sekolah untuk jurusan kedokteran ini, diharapkan putra daerah bisa mengabdikan dirinya untuk kesehatan masyarakat," katanya.

Ia mengharapkan para siswa yang mengikuti seleksi ini benar-benar mengikuti pendidikan sehingga berhasil cepat dan dapat membantu pemerintah.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Siti Januarsih mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Bangka untuk memajukan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pendidikan.

"Kita akan kerja sama dengan Universitas Jambi untuk jurusan kedokteran ini, akan ada sepuluh orang yang akan kita sekolahkan dengan perincian nantinya lima dokter umum dan lima dokter gigi," kata Siti.

Ia mengharapkan kepada siswa yang telah mengikuiti tes seleksi untuk belajar dengan giat sehingga bisa mendapatkan mengisi kuota yang hanya sedikit tersebut.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018