Washington (Antaranews Babel) – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Jumat (29/6) membantah bahwa dia berencana menarik AS dari Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO).

"Saya tidak berpikir untuk keluar," katanya kepada reporter di atas Air Force One ketika ditanya mengenai laporan bahwa dia berencana keluar dari badan perdagangan dunia itu.

Trump pernah menyebut WTO sebagai sebuah “bencana” dan melanggar norma perdagangan internasional dengan menetapkan bea tinggi untuk sekutu utama, dan menetapkan biaya besar untuk barang-barang Tiongkok atas nama keamanan nasional AS.

Situs berita AS Axios mengutip sejumlah sumber yang mengatakan Trump berulang kali mengatakan kepada pejabat terasnya bahwa dia ingin keluar dari WTO, yang turut dibentuk oleh Washington dan sering membela AS ketika Washington mengajukan kasus ke sana.

Namun, Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan sebelumnya bahwa mengatakan Trump berencana keluar dari WTO adalah “berlebihan.”

“Saya tidak akan menggunakan kata favorit kita soal berita palsu, tapi ini terlalu berlebihan,” kata Mnuchin kepada televisi Fox Business.

“Presiden sudah menjelaskannya kepada kami dan lainnya bahwa dia khawatir dengan WTO. Dia merasa ada sebagian aspek yang tidak adil.” Demikian dilansir AFP.

Pewarta: -

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018