Pangkalpinang  (Antaranews Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan meminta aparatur sipil negara berinovasi dan membuat trobosan, sebagai upaya meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Saya menyarankan agar masing-masing kepala perangkat daerah memiliki masing-masing dua inovasi yang berkualitas," kata Erzaldi Rosman Djohan saat membuka workshop champion innovation di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mendukung dan antusias menyambut program yang digagas oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) berupa workshop champion innovation yang bertujuan membentuk peserta menjadi seorang champion innovasi yaitu seorang fasilitator yang memiliki kualifikasi, kompetensi dan tersertifikasi.

"Fasilitator ini yang nanti akan berperan sebagai pendamping dalam proses laboratorium inovasi yang digagas oleh perangkat daerah di kabupaten/kota dan di provinsi sendiri yang pada akhirnya menghasilkan dan menjalankan setidaknya satu inovasi administrasi negara yang berkualitas," ujarnya.

Menurut dia 30 peserta workshop ini merupakan ASN yang telah dipilih dan memiliki potensi. Pihak yang dapat menjadi champion innovation adalah pejabat struktural, fungsional tertentu, maupun nonfungsional dari lingkungan pemerintah provinsi.

"ASN harus mengikuti workshop champion innovation dan mendapatkan sertifikat sebagai champion innovation," katanya.

Ia menambahkan dengan menjadi champion innovation, seseorang memiliki kemampuan untuk memfasilitasi para peserta laboratorium inovasi di pemerintah kabupaten/kota dan diharapkan akan semakin banyak muncul inovator-inovator baru pada instansi pemerintah kabupaten/kota yang dapat membuat dan mengimplentasikan program inovasi yang berkelanjutan, termasuk dari lingkungan pemerintah provinsi.

"Kami berharap masing-masing perangkat daerah mampu membuat sebuah terobosan yang dapat memberikan daya ungkit dalam meningkatkan kinerja organisasinya yang pada akhirnya kurang lebih 90 inovasi dari 45 perangkat daerah di lingkungan pemerintah provinsi, sehingga dapat memberikan warna dan arah gerak positif menuju pencapaian visi dan misi 2017-2022," katanya

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018