Washington (Antaranews Babel) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pada Selasa bahwa pembicaraan dengan Korea Utara "berlangsung dengan baik". Komentar itu ia nyatakan pada saat para pejabat AS berupaya mencapai kesepakatan dengan Pyongyang menyangkut rencana perlucutan senjata nuklir.

Pembicaraan itu sendiri dilangsungkan untuk menindaklanjuti pertemuan puncak bulan lalu antara Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Gedung Putih telah menganggap positif pertemuan-pertemuan yang berlangsung namun tidak mengomentari sejumlah laporan baru-baru ini soal penilaian kalangan intelijen AS bahwa Korea Utara telah mengembangkan kemampuan persenjataannya.

Dalam pernyataannya di Twitter, Trump mengatakan Korea Utara belum pernah meluncurkan roket ataupun melakukan uji coba nuklir dalam delapan bulan terakhir ini.

Pada Senin, Gedung Putih mengatakan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo akan berkunjung ke Korea Utara pekan ini untuk melanjutkan pembicaraan soal denuklirisasi Semenanjung Korea.

Satu delegasi AS bertemu pada akhir pekan dengan mitra-mitra mereka dari Korea Utara di perbatasan Korut dan Korea Selatan untuk membahas langkah-langkah lanjutan guna menerapkan deklarasi pertemuan puncak pada 12 Juni, menurut Departemen Luar Negeri A.S.

"Banyak pembicaraan bagus dengan Korea Utara, (pembicaraan) berlangsung dengan baik!" kata Trump di Twitter, menggemakan perasaannya setelah pertemuan bersejarah dengan Kim di Singapura, demikian Reuters.

Pewarta: -

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018