Jakarta (Antaranews Babel) - Pasangan atlet bulu tangkis ganda campuran nasional Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mampu menembus putaran semifinal turnamen Indonesia Terbuka 2018 setelah menaklukkan pasangan China dalam laga perempat final.

Pasangan atlet yang akrab disapa Owi/Butet itu menang dalam dua gim langsung 21-17, 21-14 atas ganda Zhang Nan/Li Yunhui selama 33 menit permainan yang berlangsung di Stadion Istora Senayan, Jakarta, Jumat.

Setelah menang mudah pada gim pertama, Owi/Butet sempat tertinggal 7-10, 8-11, dan 9-12 pada gim kedua sebelum merebut empat poin berturut-turut 12-12.

Pasangan campuran andalan Merah-Putih itu lantas melesat 14-12, 18-12, 19-12, dan menang 21-14 atas wakil China peringkat 23 dunia itu.

"Penampilan kami lebih baik dibanding kemarin karena sudah menemukan pola permainan sejak awal. Zhang Nan bahkan tampak bingung mau main seperti apa," kata Butet.

Butet mengaku sempat kaget dengan pola perubahan permainan lawan pada gim kedua. "Kami mengubah strategi permainan pada interval gim kedua dan mampu mengejar mereka," katanya.

Pada putaran semifinal yang akan berlangsung Sabtu (7/7), Owi/Butet akan menghadapi sesama pasangan pemusatan latihan nasional Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yaitu pemenang laga antara Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

"Kami justru merasa diuntungkan jika sudah pasti ada satu wakil Indonesia ke final, siapapun itu. Menghadapi teman sendiri itu sulit karena mereka tentu ingin mengalahkan senior mereka. Tapi, kami tidak ingin kalah dari junior kami," ujar Butet.

Sementara, Owi mengaku telah mengetahui kelemahan dan keunggulan calon-calon lawan mereka pada putaran semifinal, Sabtu.

Pewarta: Imam Santoso

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018