Toboali (Antaranews Babel) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung, akan memberangkatkan 99 orang calon haji pada 27 dan 28 Juli 2018, untuk menunaikan ibadah ke tanah suci Mekkah.

"Saat ini persiapan keberangkatan calon jamaah haji (CJH) berjalan dengan lancar dan siap untuk diberangkatkan untuk menunaikan ibadah haji," kata Kepala Kantor Kemenag Bangka Selatan, Sarifudin melalui Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Iskandar di Toboali, Rabu.

Ia mengatakan CJH sebanyak itu berasal dari 7 Kecamatan se-Bangka Selatan yang tergabung di kloter 7 dan 8 Palembang akan diberangkatkan ke Palembang sekitar dua pekan lagi.

Jumlah calon haji tahun ini sebanyak 99 orang terdiri dari 51 orang jamaah laki-laki dan 48 orang jamaah perempuan meliputi Kecamatan Toboali 28 orang, Airgegas 31 orang, Payung 25 orang, Simpang Rimba 7 orang, Tukak Sadai 4 orang, Leparpongok 2 orang dan Kecamatan Pulau Pongok 2 orang.

Dari 99 orang calon haji itu terdapat satu jamaah haji tertua atas nama Baksir Jakar Adan berusia 70 tahun dari Kecamatan Toboali dan satu orang calon haji termuda atas nama Apra Susanto Edi berusia 28 tahun dari Desa Sengir Kecamatan Payung.

Ia mengatakan CJH ini tergabung di kloter 7 Palembang ? meliputi jamaah calon haji asal Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Barat dan Kabupaten Bangka, sedangkan yang tergabung di kloter 8 sebagiannya terdapat jamaah calon haji asal Kabupaten Bangka dan Bangka Selatan, Pangkalpinang, Belitung, Belitung Timur dan Kabupaten Bangka Tengah.

"Jamaah haji yang tergabung di kloter 7 Palembang berangkat ?dari Bangka ke Palembang tanggal 27 Juli dan kemudian tanggal 28 Juli berangkat dari Palembang ke Madinah. Kloter 8 berangkat dari Bangka ke Palembang tanggal 28, ?dan tanggal 29 dari Palembang ke Madinah," katanya.

Menurut Iskandar, Jamaah calon haji asal Bangka Selatan yang berangkat pada ?tahun 2018 ini merupakan yang sebelumnya masuk dalam daftar tunggu tahun 2011. Namun dari 99 orang calon haji itu terdapat 2 orang pelimpahan nomor porsi, yaitu atas nama? Saripullah Zarin Yahya menggantikan Surayah Abdurrahman Lahat (meninggal dunia) dan Apra Susanto Edi menggantikan Aniah Aminudin Sari (meninggal dunia).

"Dua orang calon haji pelimpahan nomor porsi itu tergabung di kloter 8, menggantikan porsi orang tuanya yang meninggal dunia. Pelimpahan porsi ini telah mendapatkan persetujuan dari Dirjen PHU (Penyelenggara Haji dan Umrah) Kemenag RI," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018