Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menggelar festival seni budaya selawang segantang sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan di daerah itu

"Kami optimistis festival ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan manca negara ke daerah ini," kata Kepala Bidang Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Babel, Ari Primajaya di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan festival selawang segantang ini merupakan festival seni budaya masyarakat Bangka Tengah akan digelar pada pertengahan Agustus 2018 di Koba, sebagai upaya memperkenalkan kesenian dan kebudayaan masyarakat ketingkat nasional dan internasional

"Kami bersama agen travel sedang gencar-gencarnya mempromosikan festival ini di setiap penyelenggaraan pameran dan ivent olahraga tingkat nasional dan internasional," ujarnya.

Menurut dia nama festival selawang segantang diambil diambil dari slogan Kabupaten Bangka Tengah yaitu Negeri Selawang Segantang yang mencerminkan kekokohan, kebersamaan yang mengambarkan rantang atau gantang.

"Festival ini sudah menjadi agenda tahunan untuk mendukung kreatifitas seni berbasis kearifan lokal adat budaya masyarakat daerah ini," katanya.

Ia menambahkan ?pada kegiatan festival ini akan digelar dambus, rudat, rebana dan tari campak.

Selain itu juga menampilkan seni tradisi yang tercipta dari kreativitas masyarakat Bangka Tengah seperti permainan gasing, bola tampa, adu kerito surong, ?tari kreasi campak, dalung, musik band kontemporer.

"Kami berharap festival ini tidak hanya meningkatkan kunjungan wisatawan, tetapi juga memotivasi generasi muda untuk lebih mengenal, mencintai seni budaya daerah ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018