Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang laut di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Minggu (22/7) relatif aman.

"Ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan diprakirakan antara 0,25 sampai 1,25 meter dan relatif aman untuk aktivitas di laut," ujar prakirawan Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Omar Mukhtar di Pangkalpinang, Sabtu.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka dan Selat Gelasa diprakirakan hanya antara 0,25 sampai 0,75 meter, di Selatan Bangka 0,5 sampai 1,0 meter, sedangkan di Utara Bangka dan Selat Karimata sekitar antara 0,5 sampai 1,25 meter.

"Namun demikian kami mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar tetap waspada selama berada di perairan mengingat ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali dari ketinggian gelombang signifikan," kata Omar.

Disisi lain BMKG masih mengimbau masyarakat mewaspadai awan petir (awan Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin pada jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 7 hingga 37 kilometer per jam yang bergerak dari Timur ke Selatan.

Pada kesempatan itu BMKG memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di Kepulauan Bangka Belitung rata-rata masih di bawah dua meter, kecuali di Membalong Kabupaten Belitung yang mencapai 2,03 meter.

Pasang air laut di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,83 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,79 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 1,65 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,10 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 0,89 meter, dan di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 0,75 meter.

"Namun kami tetap mengimbau warga agar selalu waspada dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Omar Mukhtar.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Minggu diprakirakan cerah, cerah berawan, berawan dan berawan tebal dengan peluang terjadi hujan lokal di beberapa wilayah terutama pada pagi, siang sampai sore hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 20 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 33 derajat Celcius dan kelembaban udara 55 hingga 95 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018