Tanjung Pandan (Antaranews Babel) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada semester pertama tahun 2018 menghimpun dana zakat sebesar Rp787,5 juta dari berbagai kalangan.

"Semester pertama dari 1 Januari sampai 30 Juni 2018, kami berhasil mengumpulkan penerimaan zakat sebesar Rp753 juta dan infak atau sedekah Rp34,4 juta dengan capaian sebesar 50 persen," katan Ketua Baznas Kabupaten Belitung Suhardi di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurutnya realisasi zakat tersebut meningkat bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada semester yang sama.

"Ada peningkatan sebesar 7 persen jika dibandingkan dengan pengumpulan di semester pertama pada tahun 2017 yang terhimpun Rp651,5 juta atau sebesar 43 persen," katanya.

Ketua Bidang Pengumpulan dan Sosialisasi Baznas Kabupaten Belitung Amin Nasution mengatakan berdasarkan grafik penerimaan zakat per wilayah kecamatan pada semester pertama, untuk daerah pengumpulan zakat terbesar yaitu di Kecamatan Tanjung Pandan.

"Pertama Tanjung Pandan Rp655,15 juta, diikuti Membalong Rp73,46 juta, Badau Rp24,82 juta, Sijuk Rp21,238 juta dan Selat Nasik Rp9,472 juta," katanya.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah itu yang belum menunaikan kewajiban zakatnya untuk bisa menunaikannya.

"Bagi yang belum bisa segera ditunaikan kewajiban zakatnya melalui lembaga Amil Zakat dan akan kami salurkan kepada mustahik yang ada," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018