Muntok (Antaranews Babel) - Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau warga mewaspadai kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di saat musim kemarau.

"Tindakan sepele, seperti membuang puntung rokok sembarangan, bisa berakibat cukup fatal, untuk itu kami minta warga waspada untuk menghindari kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla)," kata Kapolres Bangka Barat melalui Kapolsek Muntok Iptu Christo Nender di Muntok, Rabu.

Ia mencontohkan, kebakaran lahan yang terjadi di Pal 2, Sungaibaru Muntok pada Selasa (31/7) dimungkinkan karena adanya kecerobohan warga yang membuang puntung rokok sembarangan.

Pada kejadian itu, sekitar satu hektare lahan milik A Kiat warga Kampung Jawa, Muntok habis terbakar.

Meskipun tidak menimbulkan korban jiwa dan materi, namun kebakaran lahan yang berada cukup jauh dari permukiman tersebut cukup mengkhawatirkan karena jika tidak segera ditangani bisa meluas.

Kejadian kebakaran lahan milik A Kiat terjadi sekitar pukul 11.00 WIB dan diketahui warga yang berada di sekitar lokasi yang langsung berupaya memadamkan secara manual, namun upaya tersebut sia-sia karena api terus meluas.

Melihat api yang semakin membesar, warga segera menghubungi Dinas Kebakaran Pemkab Bangka Barat yang menindaklanjuti informasi dengan cepat dan berhasil memadamkan api sekitar satu jam setelah kejadian.

Berdasarkan pengamatan, kata dia, penyebab kebakaran lahan tersebut kemungkinan disebabkan adanya orang yang sembarangan membuang puntung rokok  sehingga menimbulkan percikan api dan membakar semak belukar di lahan itu.

"Pada musim kemarau seperti saat ini banyak rumput dan tanaman menjadi kering dan mudah terbakar, untuk itu perlu kepedulian masyarakat untuk menghindari terjadinya kebakaran," ujarnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018