Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Sebanyak enam pemuda Babel mengikuti seleksi wawancara pemilihan Kirab Pemuda 2018 yang digelar oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, pada September-November mendatang.

"Tahun ini kita akan kembali menggelar kegiatan Kirab Pemuda, untuk menyatukan para pemuda dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia," kata Asisten Deputi Bidang Wawasan Pemuda Kemenpora RI, Almad Hudri saat melakukan seleksi wawancara kepada peserta Kirab Pemuda 2018, di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, Kirab Pemuda 2018 akan dilaksanakan pada 5 September hingga 15 November 2018 yang akan diikuti oleh seluruh pemuda dari 34 Provinsi se-Indonesia. Masing-masing provinsi mengirimkan dua pemuda (putra/putri) yang berusia 19-25 tahun.

Kirab Pemuda tahun ini dibagi dalam dua zona, zona 1 dan 2. Zona satu dimulai dari Banda Aceh atau Sabang, dan zona dua berangkat dari Merauke. Para Pemuda akan melintasi semua provinsi yang terbagi dalam zona masing-masing dalam waktu 73 hari dan titik kumpul di Bali.

"Selama mengikuti kirab, para pemuda akan melintasi perjalanan darat, laut dan udara dari satu provinsi ke provinsi lainnya selama 73 hari. Karena perjalanan ini terbagi dalam dua zona, mereka akan bertemu di Bali," ujarnya.

Almad berharap semoga kegiatan ini dapat memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan antara pemuda agar semua mempunyai rasa tanggung jawab dan kebersamaan, tanpa membedakan suku, agama dan adat budaya.

"Kegiatan kirab pemuda ini tujuan pemerintah ?mempersatukan anak-anak bangsa. Pemuda yang terpilih menjadi duta daerah, karena disinilah mereka akan mengkampanyekan potensi daerahnya ke daerah lain," ujarnya.

Sementara Perwakilan dari Dispora Babel, Ferdiyan Hermawan Loebis mengatakan, Babel menjadi salah satu Provinsi yang akan dikunjungi peserta Kirab Pemuda pada tanggal 3-7 Oktober 2018.

Awal tiba di Babel para peserta akan diterima oleh Gubernur Babel, dan hari kedua akan ramah tamah dengan pemuda matras disertai bakti sosial menanam terumbu karang.

Dihari selanjutnya, para pemuda akan mengikuti seminar di kampus UBB, dan ada senam masal. Setelah itu ada kegiatan city tour ke daerah wisata, pawai budaya dan festival band, seni dan musik.

"Kita harap pemuda Babel yang terpilih mengikuti kirab ini dapat mempromosilan potensi yang ada di Babel, serta mempelajari kemajuan provinsi lain agar dapat dikembangkan di Babel," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018