Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Diskominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar sertifikasi kompetensi berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia bidang informatika guna meningkatkan kualitas pencari kerja di daerah itu.

"Kita berharap dengan adanya pelatihan secara gratis ini dapat meningkatkan sumber daya manusia angkatan kerja muda di daerah ini," kata Kepala Diskominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sudarman di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan pelatihan itu kerja sama Diskominfo dengan ?Badan Nasional Sertifikasi Profesi, akan digelar 28-30 Agustus 2018 di Sunagiliat, Kabupaten Bangka.

"Kegiatan pelatihan ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya sama sekali, dengan beberapa persyaratan seperti usia maksimal 25 tahun, minimal lulusan SLTA, dan mendaftar melalui daring `bit.ly/skkni2018`," katanya.

Dia mengatakan selama pelatihan, para peserta akan dibekali dengan pengetahuan mengenai pactical Office advance, help desk, junior networking, programming, data base programming, digital imaging, dan junior technical support.

"Para peserta nantinya akan mendapatkan sertifikat keikutsertaan kegiatan, sertifikat kompetensi berbasis SKKNI (Bagi peserta yang lulus, red.), penginapan, konsumsi, dan juga uang saku," katanya.

Ia berharap masyarakat, khususnya angkatan kerja muda, mengikuti pelatihan itu karena bermanfaat untuk menghadapi persaingan dengan pencari kerja dari luar daerah.

Informasi lebih lanjut, kata dia, dapat dibuka di bit.ly/info-skkni2018 dan facebook.com/bpdsmpkominfo.

"Kita terus berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat, agar mereka mampu menguasai teknologi bidang informatika ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018