Jakarta (Antaranews Babel) - Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi (Bakti) menyediakan VSAT untuk memberikan layanan internet ke sejumlah posko di NTB guna mendukung penanganan bencana di wilayah tersebut.

"Bakti sudah memasang VSAT untuk di Posko Kantor Bupati Lombok Utara yang ditargetkan sudah bisa digunakan untuk mendukung penanganan bencana," kata Plt Kepala Hubungan Masyarakat Kementerian Kominfo Noor Iza kepada Antara di Jakarta, Selasa pagi.

Noor Iza mengatakan, VSAT (stasiun penerima sinyal dari satelit)  juga ditempatkan di Posko Desa Pemenang, Dusun Mentareng, Media Center Kantor Gubernur dan Posko RSUD Mataram. VSAT tersebut sedang dalam proses mobilisasi dan persiapan pemasangan.

Gempa 7 Skala Richter (SR) yang diikuti dengan gempa susulan di Nusa Tenggara Barat pada Minggu (5/8) petang, selain mengakibatkan korban jiwa dan rusaknya bangunan, juga membuat sarana telekomunikasi terkendala.

Sementara itu, ia mengatakan bahwa "repeater" RAPI (Radio Antar-Penduduk Indonesia)  dan Orari (Organisasi Amatir Radio Indonesia) dilaporkan telah berfungsi dan dapat mendukung komunikasi penanganan bencana oleh petugas di lapangan.

"Repeater" itu ditempatkan di Bali Timur, Karangasem (Bali), Tembenuh (Lombok Timur), dan Bayan serta akan mengoneksikan jaringan radio di Bali dan Lombok.

Pewarta: M Arief Iskandar

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018