Sungailiat (Antaranews Babel) - Kepolisian Resor Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau seluruh nelayan ikut mengawasi perairan penangkapan untuk mencegah pelanggaran di laut.

Kapolres Bangka, AKBP M. Budi Ariyanto melalui Kasat Polair AKP Elpiadi di Sungailiat, Rabu, mengatakan bahwa keterlibatan nelayan dalam pengawasan dibutuhkan karena mereka lebih banyak melakukan aktivitas di laut serta jumlah nelayan lebih banyak dibandingkan dengan jumlah personel Polair.

"Secara umum kawasan penangkapan di perairan laut Sungailiat relatif aman baik dari pelanggaran penggunaan alat tangkap trawl dan alat tangkap yang dilarang lainnya serta tindakan kriminal umum yang lain," jelasnya.

Nelayan yang mengetahui ada dugaan pelanggaran di laut dalam bentuk apapun diminta untuk segera melapor ke pihaknya atau pos pengamanan yang lain agar segera dilakukan tindakan.

Menurutnya, pola kerja sama yang terpadu dengan meningkatkan koordinasi antarlembaga dan masyarakat menjadi dasar mewujudkan kondisi aman dan tertib.

"Koordinasi antarlembaga merupakan hal penting yang harus kami lakukan untuk mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat nelayan sesuai dengan ketentuan aturan yang ada," katanya.

Meskipun jumlah personel Polair Polres Bangka sedikit dibanding dengan luas wilayah kerja yang cukup luas, namun kata dia, tetap berupaya maksimal untuk mengawasi, membina, dan melakukan penindakan yang langsung di periaran laut.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018