Muntok (Antaranews Babel) - Sejumlah komunitas di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar penggalangan dana bantuan untuk para korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Penggalangan dana bantuan ini kami gelar selama tiga hari berturut-turut sejak Jumat (10/8) dengan melibatkan sebanyak 25 komunitas yang ada di Muntok," kata ketua panitia Firman Novayuddin di Muntok, Senin.

Kegiatan kemanusiaan yang dipusatkan di lapangan voli Binajaya Muntok tersebut diisi dengan berbagai pertunjukan dan atraksi kesenian, seperti musik, atraksi Barongsai, penampilan hewan kuda, badut, pembagian balon dan kegiatan bakti sosial donor darah.

Selama kegiatan berlangsung, panitia berhasil mengumpulan dana uang tunai sebesar Rp27.846.400, dengan rincian pada hari pertama terkumpul Rp8.219.700, hari kedua Rp8.357.000, dan ketiag Rp11.269.700.

Selain itu, panitia juga menerima sumbangan dari masyarakat berupa pakaian bekas layak pakai sebanyak 19 koli yang nantinya akan dikirim ke Lombok.

"Selain untuk membantu para koban gempa di Lombok, sebagian dana itu juga akan dialokasikan untuk membantu pengobatan salah satu warga penderita kanker di Kecamatan Parittiga," katanya.

Sebanyak 25 komunitas se Kabupaten Bangka Barat yang terlibat dalam aksi sosial itu, terdiri dari Menumbing Jeep Community, Muntok Volkswagen Club, Clasic Honda Motor Club, Scooter Owner Group, Muntok Fans Scooter, Excelent Indonesia cabang Babar.

Selanjutnya, Scooter Muntok Bersatu, Vespa Pasukan Simpang keramat, Yamaha F1ZR Bangka Belitung, Yamaha RX King Of Muntok, Muntok Donor Darah Club, Palang Merah Indonesia Babar, Rumah Inspirasi, Forum Pelajar muslim, Ikatan Remaja Daya Baru, Anak Muntok Punye Gawe, Mahasiswa KKN UBB, Pemuda Katolik Babar, Arunsvara Music Community, Pramuka Kwaran Muntok, Yayasan Alobi Babar, Komunitas Burung Berkicau Babar, Tuan Muda Babar, Pokja Wartawan Babar dan kelompok Barongsai Bun Chiang.

Para anggota komunitas mengumpulkan dana di sejumlah lokasi, yaitu titik di simpang lima Lapas Muntok, simpang Tugu Duren, simpang empat ojek, simpang empat Sinar Menumbing, dan atraksi barongsai di sepanjang jalan raya Kampung Jawa Muntok.

Camat Muntok memberikan apresiasi positif kepada seluruh pihak yang terlibat sebagai salah satu bentuk kepedulian sosial kepada sesama.

"Masyarakat Muntok dan Bangka Barat juga berada dalam wilayah rawan bencana,? jadi bisa merasakan uluran tangan dari orang lain saat terjadi bencana, jadi kalau ada daerah yang tertimpa bencana kita juga merasakan bagaimana membutuhkan bantuan," ujarnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018