Jakarta (Antaranews Babel) - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menjamin penyelenggaraan Asian Games 2018 tidak akan terganggu asap dari kebakaran hutan dan lahan.

"Dengan kerja sama dan kerja keras sungguh-sungguh semua pemangku kepentingan, dijamin penyelenggaraan Asian Games di Palembang aman dari asap," katanya dalam jumpa pers seusai rapat koordinasi khusus di Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan di Jakarta, Selasa.

Meskipun menjamin Asian Games tidak akan terganggu asap, Wiranto mengatakan kebakaran hutan dan lahan tetap terjadi tetapi berhasil dikurangi.

Menurut penginderaan satelit, pada Agustus 2018 terdapat 1.077 titik api di beberapa wilayah. Jumlah titik api itu jauh menurun bila dibandingkan dengan pada Agustus 2017 yang mencapai 2.650 titik api.

"Dengan memperhitungkan arah angin dan semua pemangku kepentingan turun tangan, dijamin asap tidak akan sampai ke lokasi penyelenggaraan Asian Games di Palembang," katanya.

Wiranto mengatakan sejak 2000, Indonesia kerap mendapat keluhan setiap tahun dari negara tetangga tentang asap dari kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau.

"Usaha ekstra keras untuk memperbaiki sistem dan prosedur cara menanggulangi kebakaran hutan dan lahan terus dilakukan. Usaha cukup berhasil beberapa tahun ini, asap berhasil ditekan," katanya.

Kebakaran hutan dan lahan yang kemungkinan terjadi pada 2018 dikhawatirkan menimbulkan masalah karena beberapa titik api berada dekat dengan penyelenggaraan Asian Games, terutama Stadion Jakabaring di Palembang.

"Ada satu upaya ekstra keras agar di lokasi penyelenggaraan Asian Games tidak terkena asap," ujarnya.

Pewarta: Dewanto Samodro

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018