Koba (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus berupaya mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif guna menekan angka kemiskinan di daerah itu.

"Setiap tahun angka kemiskinan terus menurun, kami bertekad grafiknya terus menurun dan terus ditekan dari angka 4 persen menjadi 1 persen," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Minggu.

Ibnu menjelaskan, di antara upaya menekan angka kemiskinan adalah dengan menjalankan program pembangunan di sektor perekonomian terutama ekonomi kreatif.

"Memang untuk menekan angka kemiskinan hingga nol persen tentu tidak mungkin, maka minimal bisa ditekan hingga angka 1 persen," katanya.

Ia mengatakan, kemiskinan terjadi karena rendahnya pendapatan masyarakat, banyaknya pengangguran, dan susahnya lapangan pekerjaan.

"Justru itu kami mendorong masyarakat mengembangkan sektor ekonomi kreatif karena dapat membuka lapangan kerja baru yang menyerap banyak tenaga kerja," katanya.

Ibnu mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya mengembangkan berbagai sektor potensial yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di antara sektor ekonomi kreatif, perikanan, pertanian dan sektor penambangan bijih timah.

"Sektor strategis tersebut menyerap banyak tenaga kerja, mampu mengurangi pengangguran dan mengentaskan kemiskinan di daerah ini," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018