Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Sebanyak 80 tukang bangunan di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti pelatihan atau sertifikasi tenaga kerja kontruksi yang diselenggarakan Satuan Kerja Penataan Kawasan Permukiman Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu.      

Kepala Satuan Kerja Penataan Kawasan Permukiman Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Nurul Azmi di Pangkalpinang, mengatakan pelatihan atau sertifikasi para tukang bangunan ini untuk meningkatkan kompetensi pekerja kontruksi.

"Peningkatan kompetensi pekerja konstruksi ini merupakan keharusan untuk menjamin tidak terjadinya kegagalan bangunan atau konstruksi di Bangka Belitung," katanya.

Dikatakannya, sertifikasi para tukang bangunan ini sudah dilakukan di beberapa kabupaten, yaitu Kabupaten Bangka Selatan sebanyak 32 orang, Bangka Tengah 64 orang, Bangka 24 orang, Belitung 70 orang, Belitung Timur 30 orang dan Bangka Barat 35 orang.

"Untuk di Pangkalpinang sendiri tukang bangunan yang mengikuti sertifikasi paling banyak yakni 80 orang. Totalnya untuk tahap I ini sebanyak 350 orang di seluruh Bangka Belitung," ujarnya.    

Para peserta yang mengikuti sertifikasi ini akan melaksanakan dua kegiatan, yaitu pertama pembekalan di kelas dan yang kedua akan praktek langsung di Kelurahan Pasir Putih.

"Para peserta ini setelah mengikuti sertifikasi, nantinya akan bekerja untuk kegiatan bantuan dana investasi (BDI) di lokasi 13 Kelurahan kumuh yang ada di Pangkalpinang," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018